Book Review #1 : The Dork Diaries; Tales From a Not-So-Fabulous Life

BOOM
Awal gue nemu novel ini itu pas lagi nemenin emak belanja bulanan. Waktu itu, emak gue minta ke bagian lantai dua-nya supermarket buat nyari tudung saji. Karena gue bosen ngikutin di belakang mulu, akhirnya gue izin untuk ngider-ngider di sekitar tempat buku.

Jiah, kebanyakan yang tersedia itu buku resep masakan, buku gambar, latihan soal anak SD, sama buku keagamaan. Tadinya gue kira bakalan ada novel impor yang gue cari. Udah mau pergi aja tuh gue, sampe tiba-tiba mata gue nggak sengaja ngelirik salah satu deretan buku tebal yang cover-nya gambar kartun anak perempuan, terus judul bukunya tertulis gede-gede Diary Cewek Cupu.


Penasaran, akhirnya gue samperin dan ambil bukunya. Ternyata ada banyak seri (yang sekarang tambah banyak). Pastinya gue ngambil seri yang pertama. Walaupun gue lihat ada seri yang (kalo gak salah) ketiga, itu lebih menarik isinya. Tapi biar lebih ngerti sama karakter-karakter tokoh di ceritanya, gue baca yang dari pertama dulu.

Jadi, buku yang dikemas dalam bentuk buku harian seorang gadis remaja ini, judul pertamanya adalah Kisah Remaja yang Nggak Begitu Menyenangkan. Isinya adalah curhatan sehari-hari Nikki Maxwell dalam ngadepin kehidupannya di SMP. Namanya juga buku yang ‘ceritanya’ ditulis oleh anak remaja, jadi menurut gue ini nggak thought-provoking at all. Bahasanya lucu dan santai.

Novel ini ditulis sama Rachel Renee Russel yang dia dedikasikan untuk anak perempuannya, yang namanya Nikki juga, sama seperti nama tokoh cewek yang ‘ceritanya’ nulis diari dalam buku ini. Sebenernya ini novel udah terbit dari tahun 2009, cetakan pertama di Indonesianya terbit tahun 2011 oleh Buah Hati Children’s book. Tapi, pas itu mah lagi zaman-zamannya gue baca buku cerita emak gue pas dia kecil dulu, yaitu, seri-seri Lima Sekawan, Malory Towers, Sapta Siaga, Pasukan Mau Tahu, (yesh, gue suka banget sama Enid Blyton), dll.

Menurut gue, novel ini menarik, karena pas gue buka halaman depannya aja udah bikin penasaran (spoil dikit gapapa yak) :
BUKU HARIAN INI MILIK:
Nikki J. Maxwell
PRIBADI & RAHASIA
Kalau ditemukan, tolong dikembalikan padaku.
ADA IMBALANNYA
(DILARANG MENGINTIP!! L)

Buat gue itu unik aja gituuu, hampir sama kayak Diary of a Wimpy Kid, lah. Bedanya, diari ini yang nulis cewek. Isi curhatannya terasa ‘cewek banget’, tentang sahabat dia, orang yang dia sebelin, sampai gebetannya.Diceritain, gimana dia hidup di keluarganya yang selalu ceria dan humoris, bapaknya itu kerjaannya jadi pembasmi serangga. Dan di seri pertama ini dijelasin kalo dia (Nikki) masuk ke SMP-nya yang sekarang itu karena bapaknya tanda tangan kontrak untuk basmi serangga di sekolahnya. Bhahahak.

Sebagian besar di buku harian ini, Nikki nyeritain tentang betapa cupunya dia, tentang seorang cewek populer bin sombong yang punya loker di sebelah lokernya, Brandon gebetannya yang selalu jadi pasangannya untuk ngerjain tugas di lab. biologi, sama kedua sahabat yang dia temuin sebagai partnernya di perpustakaan.

Kelebihan buku ini menurut gue, bahasanya santai dan gampang dimengerti ya, namanya juga buku harian.  Dan curhatan-curhatan Nikki bener-bener kehidupan cewek gitu. Ceritanya dia juga menghibur, dan ada gambar-gambar juga di dalamnya. Jadi kayak Nikki nulis diari sambil gambar. Tapi sayangnyaaa, di beberapa lembarannya kayak ada noda-noda kuning gitu. Gue merasa udah beli buku bekas, wkwkwk tapi harganya normal, kok (nggak kayak buku bekas, maksudnya). Blah, gue ga jadiin masalah besar sih, yang penting isinya keren.

Ini book review pertama gue. Jadi sori kalo masih banyak kekurangan. Semoga bermanfaat^^.
xoxo

Comments

Popular Posts